|Wednesday, April 25, 2018

Kejari Padangpanjang Gelar Upacara HBA Ke- 55 

Padangpanjang, SK
KEJAKSAANUpacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 55 tahun 2015 tingkat Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangpanjang, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (22/7/2015) berlangsung hikmad dan semarak. HBA ke-55 tahun 2015 mengusung tema “ Kita Tingkatkan Kinerja Bela Anak Bangsa “.
Kepala Kejaksaan Negeri Padangpanjang, R. Faisal Ritonga, SH. MH., bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan komandan upacara oleh Kasi Intelijen, Andrie Purnama, SH., Upacara yang digelar dihalaman kantor Kejari setempat itu juga dihadiri Ibu Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini daerah Padangpanjang, seluruh Kasi (Kasi Pidsus, Kasi Pidum dan Kasi Datun), para staf, baik PNS dan tenaga honorer.
Pada upacara yang digelar masih dalam suasana Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1436 H (H+5) itu, Kajari Padangpanjang, R. Faisal Ritonga membacakan Amanat Jaksa Agung Republik Indonesia H. M. Prasetyo., pertama; Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum dalam menjalankan tupoksinya mempunyai idealisme nilai dan citra.
Kedua; lembaga kejaksaan harus mempunyai kepedulian besar dan bekerja untuk rakyat, memberikan edukasi supaya tidak terjadi tindak pidana.
Ketiga; seluruh tupoksi kejaksaan semata-mata untuk membela anak bangsa sekaligus penggalang keberhasilan pembangunan penegakan hukum.
Seusai upacara, rangkaian HBA dilanjutkan tabur bunga ke TMP Kebun Sikolos. Siangnya dilanjutkan dengan peringatan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke- XV, resepsi dan hiburan.
Andrie Purnama, SH., yang juga sebagai Ketua Panitia Peringatan HBA ke-55 Kejari Padangpanjang, menyebutkan selain digelar upacara HBA juga diadakan sejumlah kegiatan sosial, kegiatan olahraga dan lomba-lomba.
“ Menyemarakan peringatan HBA ke -55 tahun 2015 ini yang mengusung tema “ Kita Tingkatkan Kinerja Bela Anak Bangsa “, kita dari jajaran Kejari Padangpanjang mengadakan sejumlah agenda kegiatan, “ ujar Andrie Purnama.
Disebutkan Andrie yang turut didampingi Kasi Pidsus R. Is Juniyanto,SH., dan Kasi Pidum, Tommy Busnarma, SS. SH.,sejumlah kegiatan itu, yakni aksi sosial berupa anjangsana ke panti asuhan Muhammadiyah Batipuh dan Panti Asuhan Aisyiah Muhammadiyah Padangpanjang.
Kemudian, kegiatan olahraga digelar sejumlah pertandingan yang pesertanya internal pegawai kejaksaan, yakni diawali dengan kegiatan jalan santai dan dilanjutkan dengan pertandingan tenis meja dan domino serta lomba pacu kelereng dan lomba memasukan pensil kedalam botol antar anak-anak lingkup pegawai kejaksaan.
Terus, berbarengan dengan peringatan HBA ke 55 juga diperingati HUT XV Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2015, diaula kantor Kejari. yang tahun ini bertemakan ‘Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial Kepada Anggota dan Masyarakat’.
“ Selain agenda kegiatan tersebut, kita juga mengadakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kebun Sikolos, Padangpanjang. Hal tersebut kita lakukan sebagai penghormatan bagi pejuang bangsa yang telah berpulang, “ sebut Andrie.
Sementara itu, terkait progress penanganan perkara Pidana Khusus dan jumlah perkara Pidana Umum dari Januari sampai Juli 2015, Andrie menyebut perkara Pidsus yang sedang ditangani ada dua. Pertama dugaan korupsi KONI dalam tahap penyelidikan dan kasus dugaan korupsi Koperasi Mikro Nagari yang berubah nama menjadi Koperasi Serba Usaha dalam tahap penyidikan.
“ Pada kasus dugaan korupsi KMN, dalam waktu dekat akan ada penetapan tersangka, sekarang berkas tahap finishing oleh tim penyidik, “ ujar Andrie.
Sementara pada perkara Pidana Umum, total perkara berjumlah 48. Dinominasi perkara pencurian sebanyak 30 perkara, narkotik 16 perkara dan judi 2 perkara. (Ayin)


Related posts:

Leave a Response