|Sunday, September 23, 2018

Pelatihan Pengurus Posyandu Desa Sumber Bandung Kegiatan Berlangsung Kondusif 

PRINGSEWU-Lampung,SK

POSYANDUPelatihan Pengurus Posyandu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) di Pekon/Desa Sumber Bandung, Kecamatan Pahelaran Utara, Kabupaten Pringsewu adalah salah satu program kegiatan pemberdayaan masyarakat Pekon tahun 2018 yang merupakan hasil dari rembug warga Pekon Sumber Bandung.

Pelatihan ini berlangsung dari jam 08:30-12:00 WIB yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 09 Juni 2018 yang bertempat di Aula Pekon Sumber Bandung.

Narasumber yang mengisi acara tersebut adalah Suno koordidator penyuluhan, Hi. Suparno Penyuluh dan  Perwakilan Kepala UPT Puskesmas pagelaran utara Ibu Meliya Indrawati, S.Pd,, Dan Sekretaris Camat Pagelaran Utara Hartoyo, S, Pd, MM.

Dalam pelatihan pengurusan posyandu BKB, BKR dan BKL tersebut disampaikan narasumber bapak Suno selaku koordinator bidang penyuluhan kecamatan, tentang pola asuh anak. melakukan Kebutuhan dasar anak, tugas perkembangan anak, Jenis kecerdasan anak, tipe belajar anak, temperamen anak dan bahasa kasih anak.

Acara pelatihan ini alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta yang menghadiri acara pelatihan tersebut  diantaranya para kader posyandu Pekon Sumber Bandung, kader PKK, dan ibu-ibu yang ada di Pekon setempat.

Peserta yang hadir 50 orang yang menghadiri acara pelatihan Pegurus Posyandu sebagai mana yang diharapkan.

Walaupun para ibu-ibu yang masing-masing mempunyai kesibukan pada hari itu tetap hadir untuk mengikuti kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber Suno, Pertama, Prinsip Dasar Bina Keluarga Balita (BKB) yaitu Orang tua terutama ibu adalah pendidik utama dan pertama. usia balita merupakan usia yang paling menentukan perkembangan manusia selanjutnya, umur dan kemampuan anak penting diperhatikan dalam pembinaan tumbuh kembang balita, pembinaan tumbuh kembang balita dilakukan secara terus menerus,” katanya.

Adapun selanjutnya, Menitik beratkan pada pembinaan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang memiliki anak balita. Membina tumbuh kembang balita, Menggunakan alat bantu dalam hubungan timbal balik antara orang tua dan anaka berupat alat permainan (alat permainan Edukatif/APE, cerita, dongeng, nyanyian) sebagai perangsang tumbuh kembang anak. Ungkapnya.Sementara Kepala Pekon Haryadi,” Karena BKB merupakan kegiatan terpadu maka program ini bersifat lintas sektoral dan lintas program untuk mendapatkan dukungan tokoh formal maupun non formal diperlukan suatu usaha advokasi yang baik, manfaatkan melalui pertemuan, rapat koordinasi pekon dan pertemuan lainnya supaya adanya pemahaman lebih matang, perlunya dukungan dari tokoh formal,” Ungkapnya saat di temui saat berlangsunnya kegiatan penyuluhan pusyandu.Selanjutnya dikatakan Sekcam Pagelaran Utara Hartoyo, S,Pd, MM.” Penyuluhan tingkat kecamatan ini sudah berjalan sejak lalu, mulai dari proses menyiapkan sarana dan prasana tempat kegiatan, Buku-buku materi penyuluhan, lembar balik, lembar stimulasi, media interaksi, APE Kit,” ujar Hartoyo, yang mendampingi Kepala Pekon Sumber Bandung.”Menyiapkan tenaga pengelola dan Kader. membentuk struktur pengurus serta melatih kader yang akan memberikan penyuluhan. merencanakan pertemuan kegiatan, Menyusun rencana kerja, menyiapkan materi penyuluhan. Pekon, Materi inti, dan Penunjang,” imbuh nya.

(Davit Segara)

Related posts:

Leave a Response