BKM Jakasampurna Lanjutkan Tahap Kedua DAU Dalam Membangun Lingkungan.

oleh

Kota Bekasi, SK.

Usai pengerjaan tahap pertama membangun lingkungan melalui Dana Alokasi Umum (DAU), BKM Jakasampurna melanjutkan hal tersebut pada tahap kedua yang dilakukan, pada Jum’at malam (20/09/2019) pukul 21:08 di Rt.005/Rw.021 Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat.

Dari pantauan wartawan media Suara Keadilan pada kegiatan tersebut turut hadir, Roni Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di dampingi pengurus BKM lainnya, H. Manahan Ketua Rw.021, Ketua Rt.005, dan partisipan warga juga terlihat dalam kegiatan ini.

Penjelasan yang di terima wartawan media Suara Keadilan dari Koordinator BKM, kegiatan pada malam hari ini adalah tahap kedua dalam pelaksanaan Dana Alokasi Umum (DAU). Dimana kegiatan tersebut dilakukan setelah menyelesaikan pengerjaan pada tahap pertama dengan besar anggaran Rp. 148 juta di tiga lokasi, dari total keseluruhan anggaran DAU Rp. 352.941.000,- juta bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019.

Tiga lokasi tersebut merupakan pengerjaan Jalan lingkungan di Rw.003 dan Rw.001, serta pembuatan saluran air di Rw.015, “Untuk di Rw.003 dan Rw.001 ini include dengan pajak. Sebelum dipotong pajak itu sekitar (46,5 juta – Red), untuk saluran (55 juta – Red) sekian, ” ucap Roni Koordinator BKM dalam penjelasan pengalokasian anggaran DAU tahap pertama.

Sedangkan untuk anggaran tahap kedua, Dalam keterangan diwaktu yang sama, Roni mengaku bahwa, anggaran yang baru diturunkan sebesar 40% dari sisah anggaran tahap pertama yaitu sekitar Rp. 81 juta. Pengerjaan tahap kedua pun sudah di agendakan di 2 lokasi seperti, yang di kerjakan pada malam hari ini Rt.005/Rw.021, “Dengan panjang 112,5 meter, kemudian lebar rata-rata 2 meter, ketebalan 10 cm. Sedangkan satunya yang kita kerjain dari ini adalah saluran air di Rw.019 dengan panjang volume 125 menggunakan bosch beton full 30”, ungkap Roni kepada media Suara Keadilan.

 “Setelah ini, secepatnya untuk segera kita laksanakan lagi di dua titik yaitu, saluran air di Rt.004/Rw.004 kemudian, rencananya pengecoran jalan lingkungan di Rw.010 Rt.005”, Roni menambahkan. 

Dalam kegiatan pembangunan jalan lingkungan di Rt.005/Rw.021 terlihat antusias warga cukup baik, dari pantauan tersebut ada warga yang menyediakan makanan dan minuman kepada para tukang yang sedang bekerja. Bahkan Ketua Rt.005 dan Ketua Rw.021 turut serta hadir sampai dengan larut malam demi memastikan kegiatan pembangunan tersebut berjalan dengan baik. Wartawan media Suara Keadilan pun memintai tanggapan kepada H. Manahan Ketua Rw.021 sebagai mana jalan di wilayahnya telah diperbaiki, ia menyatakan “Saya merasa bangga, Alhamdulillah kita punya wilayah masih diperhatikan”, ucap H. Manahan penuh rasa bersyukur.

Disamping itu, Roni juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat,”Ini Ketua Rt, Rw, dan masyarakat Rt.005/Rw.021 yang mendapatkan pembangunan ini begitu antusias bahkan, saya berterima kasih tukang-tukang kita diberikan minuman, makanan, kemudian kopi dan sebagainya”, ucap Roni.

Ia juga mengatakan hal yang dilakukan warga tersebut adalah bentuk rasa kecintaan masyarakat dan bentuk kesenangan masyarakat ketika wilayahnya dibangun.
Tidak lupa juga disampaikan Koordinator BKM bahwa, Nurdin Lurah Jakasampurna, Sekretaris Kelurahan, dan Kasie Ekonomi dan Pembangunan turut hadir dalam menyurvei kegiatan dari titik nol sebelum pengerjaan dimulai guna memastikan kegiatan tersebut layak dikerjakan. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *