Gerak Bersama, Upaya Menghilangkan Ruang Gerak Terorisme di Indonesia

oleh
Kolom Pakar Gerak Bersama, Upaya Menghilangkan Ruang Gerak Terorisme di Indonesia

PERKEMBANGAN informasi digital di era saat ini terutama sosial media, membawa informasi dan peristiwa di mana pun tak lagi berjarak. Kesesatan informasi dapat muncul karena tipisnya batas fakta, opini dan hoaks yang dihadirkan lewat media sosial. Informasi telah dipenggal sesuai kepentingan, diolah, memisahkan teks dengan konteks, muncullah hoaks, kemudian diviralkan dengan dibumbui ujaran kebencian tanpa mampu diliterasi dengan baik oleh penerima pesan/masyarakat. Akibatnya, peristiwa di suatu wilayah negara dapat menimbulkan gejolak di suatu tempat di negara yang lain hanya dalam waktu yang singkat.

Dalam era seperti itu, bukan hanya kemudahan informasi dengan segala manfaatnya, melainkan juga sama besarnya bahaya yang dihadapi dalam hidup dan kehidupan manusia baik secara individu, bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan terorisme yang jejaringnya mampu melintasi batas suatu negara. Terorisme merupakan ancaman peradaban, dan merusak nilai kemanusiaan. Setiap negara-negara di dunia telah menyatakan untuk memberantas terorisme.

Jaringan terorisme telah memanfaatkan keterbukaan informasi untuk menebar paham mereka, merekrut jejaring baru tanpa perlu bertatap muka. Pengguna media sosial dijadikan target perekrutan. Baiat dapat dilakukan secara daring, bahkan beberapa aksi teror belajar dan terinspirasi melalui tayangan media internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *