H-7 PEMUDIK BISA LEWAT JALAN TOL PALEMBANG-PEMATANG PANGGANG, DIBUKA SAMPAI GERBANG JAKABARING.

oleh

PALEMBANG,SK

Jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Pematang Panggang sudah bisa dilalui para pemudik mulai H-7 Lebaran tahun 2019 mendatang, Senin (27/05/2019).

Meski hanya dibuka secara fungsional, jalan tol tersebut sudah bisa dilewati oleh para pemudik hingga gerbang Jakabaring Palembang.

Berbeda dengan ruas tol Bakauheni hingga Pematang Panggang yang dibuka dua ruas, jalan tol ruas dari Pematang Panggang sampai Palembang hanya dibuka satu lajur di jalur A saja untuk pemudik dari arah Lampung menuju Palembang.Untuk para pemudik dari Lampung ada dua pintu tol yang dapat digunakan. Jika hendak menuju Kayuagung pemudik bisa keluar ke pintu Celikah, sementara pemudik yang hendak langsung menuju kota pempek dapat melalui tol Kapalbetung keluar lewat gerbang Jakabaring.

Sementara para pemudik dari Palembang yang hendak menuju Lampung melalui jalan nasional, atau bisa masuk kembali ke jalan tol ruas Terbanggi Besar.

Pimpinan Proyek Tol Pemtang Panggang-Kayuagung, Fahrudin Haryanto menjelaskan jalan tol Trans Sumatera dipastikan sudah dapat dilalui para pemudik. Tol tersebut bakal mulai difungsikan sejak H-7 lebaran atau mulai 29 Mei mendatang.

“Kita pastikan tol sudah bisa dilalui oleh para pemudik mulai H-7 lebaran,” ujarnya.

Khusus jalan tol dari ruas Pematang Panggang hingga Palembang untuk saat ini belum dikenakan biaya. Sebab, jalan tol tersebut hingga kini masih berfungsi secara fungsional.

Meski belum beroperasi penuh, namun sejumlah fasilitas pendukung di sepanjang jalan tol seperti rest area, mobile ATM, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan, SPBU Modular dan lain-lain sudah bisa dimanfaatkan para pemudik.”Untuk rest area juga sudah siap digunakan, lokasinya berada jalur A di KM 285,” jelasnya.

Terkait diblokadenya jalan tol oleh sejumlah warga beberapa waktu lalu, ia menegaskan permasalahan tersebut sudah diatasi. Dan para pemudik bisa dengan tenang melintasi fasilitas publik itu.

“Di masa mudik ini tak ada kendala lagi, masyarakat bisa mudik dengan tenang. Termasuk adanya aksi blokade sudah kita selesaikan,” ungkapnya.Sebelumnya, Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo juga mengklaim jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung sudah siap 100 persen untuk dilalui para pemudik pada arus mudik lebaran tahun 2019.Meski jalan tol sudah bisa dilalui pada arus mudik tahun ini, namun jalan tol ruas Pematang Panggang-Kayuagung belum selesai 100 persen. Sehingga pada lebaran ini ruas jalan tol tersebut baru bisa difungsionalkan satu lajur saja.

“Secara keseluruhan kesiapan jalan tol dari Bakauheni-Palembang sudah siap 100 persen. Hanya saja ruas Pematang Panggang-Kayuagung baru bisa difungsionalkan pada lebaran tahun ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, lambannya penyelesaian jalan tol ruas Palembang – Kayuagung ini lantaran daerahnya masih rawa, sehingga pengerjaannya sedikit terhambat dengan ruas tol lainnya. Untuk biaya yang dikeluarkan pun bisa dua kali lipat dari ruas lainnya.Kendati dalam kondisi fungsional, tol Pematang Panggang-Kayuagung dipastikan aman untuk dilalui para pemudik menuju kampung halamannya.

“Beberapa ruas memang masih fungsional, tetapi sudah aman dilalui oleh pemudik. Karena fasilitas umum serta rambu-rambu sudah terpasang dengan baik,” katanya. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *