Kenapa Sebagian Masyarakat Tidak Dapat Bantuan Covid-19

oleh

Bandung, SK
Pada umumnya kita mengetahi bahwa pemerintah menyalurkan bantuan dana untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Pemerintah berjanji akan membagi rata bantuan, tetapi yang terjadi adalah masih banyak masyarakat yang tak kunjung mendapatkan dana tersebut. Mengapa demikian?

SK pada kesempatan ini yaitu Kamis tanggal 26 Juli 2020 pukul 10.00 WIB telah menyambangi Kantor Kelurahan Sindang Jaya Kecamatan Mandalajati. Dimana seorang Ibu Rumah Tangga mempertanyakan haknya karena tidak kunjung mendapat dana bantuan tersebut. Ibu tersebut diterima langsung oleh Lurah Sindang Jaya yaitu Bapak Yayan SM. Yayan menjelaskan bahwa RT/RW telah mendata warganya masing-masing yang kemudian dikirimkan ke Kantor Kelurahan. Data tersebut kemudian dilanjutkan ke pihak Dinas Sosial Kota Bandung.

Namun sangat disayangkan bahwa data yang dikeluarkan Dinas Sosial berbeda dengan data yang ada di kelurahan. Hal tersebut dikarenakan nama orang yang sudah meninggal dunia dan yang telah pindah domisili tetap tertera pada daftar orang penerima bantuan. Mengapa demikian? Dimana letak kesalahannya?
Pada kesempatan tersebut Bapak Yayan tidak lupa untuk menjelaskan beberapa macam bantuan yaitu,
1. BANGUB : Sembako seharga Rp 350.000 + uang Rp 150.000
2. KEMENSOS : Uang Rp 600.000
3. BJB (Walikota) : Uang Rp 500.000
4. BPNT : Sembako Rp 200.000 + Uang Rp 300.000

Seharusnya data yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial sesuai dengan data yang dikumpulkan di kelurahan bukan data yang dikeluarkan beberapa tahun yang lalu. Oleh karena itu, warga berharap agar pemerintah lebih teliti dan transparan dalam mendistribusikan bantuan terlebih lagi di saat masa pandemi seperti sekarang.

Jangan sampai warga merasa pemerintah melakukan tebang pilih, karena semua warga sama dimata hukum. Selain itu, petugas RT/RW harus lebih peka terhadap keluhan warganya. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah Dinas Sosial akan mengambil tindakan untuk memperbarui data yang dikeluarkannya ? Jika tidak akan bagaimana kondisi warga yang tak kunjung mendapatkan bantuan meskipun telah memenuhi syarat ? (Charles BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *