Muskel Bintara Jaya, Zainal Arifin: “Semua Kegiatan Harus Bersifat Transparan “

oleh

Kota Bekasi, SK.
Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Bintara Jaya, melakukan kegiatan Musyawarah Kelurahan (Muskel) terkait, persiapan pelaksanaan teknis pada pengerjaan Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2020, yang akan dilaksanakan pada Tahun ini.

Kegiatan itu dilakukan pada, Senin (06/07/2020) pagi, bertempat di Aula Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat. Seluruh Ketua RW (Rukun Warga) yang terlibat langsung dalam pengerjaan DAU Tahun Anggaran 2020 hadir, seperti (Ketua Rw. 01), (Ketua Rw. 02), (Ketua Rw. 03), (Ketua Rw. 07), (Ketua Rw. 08), (Ketua Rw. 09), dan (Ketua Rw. 011). Selain itu, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Permasbang (Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan), Zainal Arifin selaku Lurah Bintara Jaya, sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada pelaksanaan DAU Tahun Anggaran 2020, juga terlihat dalam kegiatan itu.

Dijelaskan oleh Nasrudin, selaku Koordinator BKM Kelurahan Bintara Jaya, kegiatan Muskel hari ini merupakan persiapan teknis dalam pembangunan Sarana dan Prasarana di Kelurahan, dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bintara Jaya. Hal itu pun merupakan tahapan dari proses pengerjaan DAU Tahun Anggaran 2020.
Masih dalam penjelasan Nasrudin, ada sebanyak 9 (Sembilan) titik pengerjaan di lokasi 7 (Tujuh) RW tersebut seperti, “Pengecoran jalan, pengerasan jaling (Jalan Lingkungan – Red) 5 titik, dan turap saluran air 4 titik,” ungkapnya kepada media ini, usai kegiatan berlangsung.

Namun perlu untuk diketahui, kegiatan pada pelaksanaan pengerjaan serta pencairan anggaran DAU Tahun Anggaran 2020, dilakukan secara bertahap. Berdasarkan keterangan yang diterima dari Zainal Arifin bahwa, untuk ke-9 (Sembilan) titik pada kegiatan DAU Tahun 2020, mendapatkan anggaran sebesar Rp. 350 Juta, “Untuk itu saya mohon kerjasamanya, untuk semua rw agar pelaksanaan tersebut sesuai dengan apa yang telah ditentukan, jutlak (Petunjuk Pelaksanaan – Red) juknisnya (Petunjuk Teknis – Red) oleh pemerintah pusat,” terang Zainal Arifin Lurah Bintara Jaya.

Selain sebagai KPA, berdasarkan pasal 8 ayat (6) dan (9), Peraturan Walikota (Perwal) Bekasi No. 84 Tahun 2019, Lurah yang juga selaku PPK bertugas untuk, melakukan Penginputan RUP ke Dalam System Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Untuk kemudian ditetapkan dan diumumkan oleh Camat selaku Pengguna Anggaran. Dalam hal ini, Zainal berharap untuk pengerjaan DAU Tahun Anggaran 2020 di wilayahnya, dapat berjalan dengan maksimal, “Harapan saya maksimal. Karena permas dan kelurahan sendiri, saya langsung terjun ke bawah. Benar-benar untuk memfasilitasi bahwa itu adalah dana pemerintah pusat. Jangan sampai nanti di kita, dilapangan ada temuan,” tegasnya.

Sambung Lurah, “Semua kegiatan harus bersifat transparan,” kata Zainal menambahkan, seraya mengakhiri keterangannya. Meskipun dengan besar anggaran senilai Rp. 350 Juta, untuk dibagi pada 9 titik kegiatan, R. Tri Putranto sebagai Ketua Rw. 07 Kelurahan Bintara Jaya tetap mengucap syukur, dan berterima kasih terhadap program pemerintah itu, “Sedikit demi sedikit memang harus ada perubahan. Sehingga sesuai dengan apa yang ada anggaran itu, ya harus kita maksimalkan untuk yang penting sekali. Jadi saluran yang mana yang harus kita dulukan, yang menghambat, dari pada jalannya air,” tutup Ketua Rw. 07, Kelurahan Bintara Jaya. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *