Prospek Konsolidasi di Tahun Kontestasi

oleh
Kolom Pakar Prospek Konsolidasi di Tahun Kontestasi

TAHUN 2019 merupakan tahun sangat menentukan dalam perjalanan konsolidasi demokrasi di Indonesia. Untuk pertama kali dalam sejarah, pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) akan diselenggarakan secara serentak pada hari yang sama, 17 April 2019.

Para pemilih nantinya akan mencoblos lima surat suara sekaligus di tempat pemungutan suara. Lima surat suara itu diperuntukkan memilih anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, anggota DPRD tingkat provinsi, anggota DPR, anggota DPD, serta calon presiden dan wakil presiden.

Penting bagi kita mengulas prospek konsolidasi demokrasi di tengah peluang dan tantangannya di tahun depan. Proses pemilu itu merupakan sirkulasi elite yang akan menentukan agenda-agenda pembangunan ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan di masa mendatang.

Vilfredo Pareto dalam tulisannya, The Circulation of the Elite (dalam William D Perdue, 1986), memberi catatan penting bahwa sirkulasi elite itu selalu bersifat resiprokal dan mutual interdependence atau punya ketergantungan bersama. Jika prosesnya baik, berkualitas, berintegritas, potensi untuk melahirkan para pemimpin transformatif yang bisa menggerakkan perubahan secara bersama-sama memiliki peluang lebih besar.

Hal itu tentu akan berkorelasi signifikan dengan penguatan kelembagaan demokrasi Indonesia karena para elite yang dilahirkan akan mengisi posisi penting sebagai presiden, wakil presiden, juga anggota legislatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *