TANJUNG BULAN SIAP JADI DESA JUARA SE-KABUPATEN LAHAT

oleh

LAHAT,SK

Jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Tim penilaian Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMDes), melaksanakan penilaian lomba desa tingkat kabupaten di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Senin (19/2/2019)‎.Lomba Desa kali ini sebagai ajang penilaian prestasi pelaksanaan pembangunan oleh setiap desa. Mengingat hal itu ‎sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 81 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan‎, kriteria penilaian meliputi tiga bidang, yakni Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.‎

“Berbagai Indikator tersebut di atas, maka kebersihan peningkatan pembangunan desa akan di tentukan prestasi pada setiap tahun berjalan. Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan perlombaan desa serta memacu semangat prestasi desa,” ujar Ari Effendi SE,  Kabid Kelembagaan Sosial Budaya Masyarakat, Dinas PMDes, mewakili Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Berkenaan dengan penilaian oleh Tim penilaian lanjutnya,  melalui kesempatan ini perlu ditegaskan. Bahwa sesuai dengan jiwa dan semangat reformasi, maka tim yang ada harus benar-benar objektif, selektif dalam rangka melakukan penilaian.

“Kita melakukan penilaian mulai dari peta desa maupun potensi desa. Pastinya, penilaian ini agar kemajuan desa dapat terpantau baik melalui data maupun program yang ada demi kesejahteraan dan pembangunan yang merata,” sambungnya seraya meminta agar setiap desa dapat menyediakan pondok baca atau perpustakaan desa demi mencerdaskan warga.

Sementara itu,  Kades Tanjung  Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi,  H Pajrullah Azhari mengatakan, sebagai mewakili 18 desa se-kecamatan Tanjung Sakti Pumi,  pelaksanaan lomba penilaian desa ini tentunya tak terlepas dari dukungan berbagai pihak khususnya pihak kecamatan. Ia menegaskan, andaikata dalam pelaksanaan kegian tersebut terdapat kekurangan disana sini tentunya merupakan suatu keterbatasan dan hendaknya dapat menjadi pembelajaran. “Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan berbagai pihak yang ikut terlibat,  mulai dari perangkat desa,  kecamatan hingga masyarakat dan lainnya,  kata Pajrullah meyakinkan. Sebagai laporan sambungnya, program Pemerintah Kabupaten yang bercahaya sudah sangat tepat dengan Desa Tanjung Bulan,  karena Tanjung Bulan itu sendiri memiliki arti bulan terang dan bercahaya. Sementara moto desa yakni mengambil kata SABIT yang artinya sejatera,  aman,  bangkit san Islam terpadu. “Kendati demikian, melalui penilaian ini kami begitu menyadari dengan segala keterbatasan dan pastinya tetap semangat dalam memacu spirit khususnya masyarakat Desa Tanjung Bulan, ” ungkapnya.

Ditambahkan Camat Tanjung Sakti Pumi,  Awang Firmansyah S.Sos MAp,  pihaknya menunjuk Desa Tanjung Bulan menjadi perwakilan 18 desa yang ada untuk masuk penilaian lomba desa tingkat kabupaten bukan hal yang mudah, tapi memang desa dimaksud merupakan desa terbaik di tingkat Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. “Kami berharap agar Desa Tanjung Bulan dapat terpilih menjadi desa juara hingga dapat melaju ke tingkat provinsi,” hendaknya seraya menegaskan pihak kecamatan dengan segala upaya akan selalu mendukung demi kemajuan bersama.

Selain itu Awang pun berharap, melalui kegiatan tersebut, setidaknya dapat merubah sistem kerja di lingkup pemerintahan desa setempat.  Termasuk agar para aparatur desa dapat memperbaiki kinerja sesuai tupoksinya, yang selama ini dirasa masih belum begitu optimal. “Pelaksana penilaian lomba desa kali ini bukanlah tujuan utama, tapi yang terpenting kita dapat berbenah dan lebih semangat lagi,” harapnya. (Ujang/AA Lekat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *