AKBP Marihot Marbun, Kunjungan Silaturahmi ke Penghayat Kepercayaan Ugamo Malim,(Parmalim).

Tangerang,SK

Dalam rangka menciptakan jalin silaturahmi dan sinergitas dengan masyarakat Penghayat Kepercayaan Parmalim,BainIntelkam Mabes Polri AKBP Marihot Marbun sambangi tokoh Penghayat Kepercayaan Ugamo Malim (Parmalim) di Perum Wisma Harapan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang,Sabtu (04/12/2021).

Kegiatan Kunjungan tatap muka dengan salah satu tokoh Kepercayaan Parmalim ini untuk jalin silaturahmi, jalin kemitraan dan wujud sinergitas antara polisi bersama warga masyarakat.

Kedatangan Baintelkam AKBP Marihot Marbun disambut antusias oleh tokoh Penghayat Kepercayaan Parmalim Jamona Sinaga dan beberapa warga Penghayat Kepercayaan Parmalim usai melakukan ibadah (Mararisabtu).

Jamona Sinaga selaku tokoh Kepercayaan Parmalim (Ulu Punguan) menyambut antusias dan mengapresiasi atas kedatangan tamu dari mabes polri,serta mengucapkan terima kasih sudah mengunjungi Penghayat Kepercayaan Parmalim,ujarnya.

Ia juga menyampaikan banyak hal hal tentang sejarah Kepercayaan Parmalim,  dan beberapa tantangan dari berbagai macam suku seperti melarang kami untuk beribadah (Mararisabtu), bahkan  mendirikan tempat Peribadatan (Bale Parsaktian).

Dalam kesempatan ini,AKBP Marihot Marbun juga menyampaikan banyak pesan,dimana Penghayat Kepercayaan Parmalim ini sudah diakui dan disahkan oleh Pemerintah, cuman kita harus bisa menunjukkan dan mengenali diri kita sebagai Penghayat Kepercayaan Parmalim supaya tetangga kita tau dan paham apa itu Parmalim?.

Ia juga menambahkan, Dalam setiap waktu dan kesempatan tak henti-hentinya berikan pesan pesan agar terciptanya kondusifitas wilayah, hal itu dilaksanakan juga untuk mempererat sinergitas antara RT dan RW juga warga masyarakat lainya bahkan ketingkat Lurah maupun Kecamatan.

Dalam giat tersebut disampaikan pesan-pesan kepada tokoh Kepercayaan Parmalim (Ulu punguan) agar dapat disampaikan kepada anggota (Ruas)  Parmalim yang lain diantaranya,

Agar merubah KK dan KTP menjadi identitas Kepercayaan Parmalim,beradaftasi (Marsaor) kesesama tetangga baik terhadap keamanan lingkungan terutama aparat Desa dan jangan malu kita sebutin kepercayaan kita Parmalim,tutupnya.

Sebelum bersilaturahmi ke tokoh Penghayat Kepercayaan Parmalim di Tangerang, Marihot Marbun sudah terlebih dahulu silaturahmi ke sekretariat Dewan Majelis Pusat Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (DMP MLKI) di Jakarta Timur, sebagai mitra kerja.( Rical S )

Tinggalkan Balasan