TINGKATKAN PROFESIONALISME GURU, PRODI TEKNIK INDUSTRI UNPATTI GELAR PKM DI SMA NEGERI 45 ASILULU

Ambon,SK

Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Pattimura menggelar serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 45 Maluku Tengah yang berada di Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu.

Berdasarkan observasi awal Tim PKM Prodi Teknik Industri, SMA Negeri 45 Maluku Tengah terpilih  menjadi representasi dari  sekolah-sekolah yang berada di-Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah yang jaraknya relatif jauh dari Ibukota Kabupaten maupun Ibukota Provinsi.

Tim PKM Prodi Teknik Industri, yang terdiri dari, 8 Dosen Prodi Teknik Industri, kemudian mengemas serangkaian kegiatan dengan tujuan,  meningkatkan profesionalisme para guru, salah satunya  kecakapan untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sekaligus menyusun materi pelatihan, seperti, Metodologi Penelitian Lanjut, Teknik Penulisan Jurnal,Strategi Publikasi, Jurnal Dan Pembuatan,Website Sekolah,  Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para guru dalam melaksanakan PTK dan kemudian menuangkannya kedalam bentuk artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Selain itu, output dari PKM ini juga mendukung penjenjangan karir para guru,sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang mewajibkan para guru melakukan publikasi ilmiah sebagai syarat kenaikan pangkat. Demikian disampaikan Dr.Hanok Mandaku,ST,MT, selaku koordinator PKM  Prodi Teknik Industri Unpatti,dalam Rillisnya melalui humas Unpatti, yang kami terima 4 Juni 2022.   Menurut Dr. Hanok Mandaku.ST.MT, pelaksanaan PKM Prodi Teknik Industri kali ini terfokus pada peningkatan Sunber Daya Manusia, (SDM)yang sejalan dengan semangat, Dies Natalis Ke 52 Fakultas Teknik Unpatti, yaitu mengoptimalkan pengembangan SDM, dan Inovasi Teknologi

Rangkaian kegiatan PKM diawali dengan prakata dari Kepala SMA Negeri 45 Maluku Tengah, Ny. M. Mahulette, S.Pd., M.Pd, mengungkapkan,.  Sekolah kami merasa beruntung menjadi sasaran PKM Prodi Teknik Industri UNPATTI, karena memang materi yang akan disampaikan merupakan problem para guru dan sekolah kami. Kami berharap agar kami bisa membangun kerjasama seterusnya dengan Prodi Teknik Industri”, ujar Mahulette

Kaprodi Teknik Industri UNPATTI Daniel B. Pailin, ST., MT menyatakan,  pada prinsipnya sebagai insan akademis, para dosen telah dibingkai dengan kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. karenanya ajakan untuk membangun kerjasama adalah langkah awal kita membangun kolaborasi antara dunia perguruan tinggi dengan sekolah sebagai lingkungan industri yang menghasilkan produk jasa agar dapat bersama-sama mendorong peningkatan kualitas SDM di Provinsi Maluku. “Kami akan membantu SMA Negeri 45 Maluku Tengah ini dengan semua kapasitas yang dimiliki oleh Prodi Teknik Industri UNPATTI”, tegas Pailin.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Materi pertama tentang Metodologi Penelitian Lanjut disampaikan oleh Ir. Aminah Soleman, ST., MT., IPM dan Imelda Poceratu, S.Teol., M.Teol., M.Si, dilanjutkan dengan Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah oleh Dr. Hanok Mandaku, ST., MT dan Mentari Rasyid, ST., MT, berikutnya Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah oleh Wilma Latuny, ST., M.Si., M. Phil., Ph.D dan Victor O. Lawalata, ST., MT., dan diakhiri dengan Pembuatan Website Sekolah oleh Daniel B. Pailin, ST., MT. Dan Johan M. Tupan, ST., MT.

Kegiatan PKM Progi Teknik Industri, berlangsung kurang lebih 2 jam dan akhirnya ditutup dengan sesi foto dan santap siang bersama.,sukses pelaksanaan PKM terus bangun kemitraan, dan kolaborasi sebagai wujud komitmen, Prodi Teknik Industri,kuatkan kualitas SDM serta mutu pendidikan di-Maluku,Hutumese  tutup Mandaku.(Iz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.