Ketua DPRD Maluku Mendukung Polisi Tangkap Provokator Dibalik Konflik Wakal-Hitu.

Ambon. SK

Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur Watubun, sangat mendukung, langkah Kapolda Maluku, Irjen Pol  Lotharia Latif, untuk mengejar dan menangkap, pelaku yang diduga sebagai provokator, konflik antar warga negeri Wakal dan Hitu, kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah.

Pernyataan ini disampaikannya, dalam keterangan persnya, yang diterima wartawan di-Ambon,Kamis 2 Maret 2023. Dikatakan, Diduga, konflik berkepanjangan yang kerap terjadi, antar warga desa Wakal dan Hitu, karena adanya Provokator yang disebut sebagai Baret, yang sering membuat situasi keamanan, menjadi kacau dan tidak terkendali. Baret alias RB, saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), kasus penyerangan petugas keamanan, menggunakan senjata api dinegeri Wakal.

Penyerangan dengan senjata api terjadi disaat petugas keamanan mencoba menghalau massa, dari warga Wakal, agar tidak terlibat bentrok denga warga Hitu, pada Senin 26 Pebruari 2023, lalu. Menurutnya, konflik antar warga negeri Wakal dan Hitu, bukan hanya sekali, sudah berulang kali terjadi, membuat masyarakat tidak nyaman, untuk melakukan aktivitas.Kita harus memberikan susasana rasa aman kepada masyarakat agar mereka melakukan aktivitas dengan baik, namun jika konflik ini terjadi terus, akan meresahkan masyarakat ungkapnya.

Benhur juga mengutuk keras oknum tertentu yang melakukan penyerangan, terhadap aparat keamanan. Sebelumnya Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, perintahkan jajarannya untuk mengejar dan menangkap RB alias Baret. Fakta dilapangan, konflik Hitu – Wakal, meresahkan masyarakat, jika ada warga Hitu melanggar hukum pasti kita tindak, begitupun sebaliknya. Selain itu ada penyerangan terhadap aparat kepolisian, dengan menggunakan senjata api, saat menhalau warga.

Pelaku sudah diindentifikasi, diperkuat dengan kesaksian beberapa anggota Polisi. Tentu saja anggota harus merespon dengan serius serangan menggunakan Senpi, karena resikonya fatal, baik terhadap masyarakat, maupun anggota Polisi,tutup Kapolda. (Izk)

Tinggalkan Balasan