Camat Sebut, Jatisampurna Layak Menjadi Perwakilan Lomba Kinerja Kelurahan

oleh

Kota Bekasi, SK

Usai melaksanakan penilaian di Kelurahan Jatimurni, kali ini Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi melanjutkan penilaian di Kantor Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna, Jumat Siang (04/06/2021).

Masih dengan tema yang sama dengan kegiatan sebelumnya yaitu, penilaian dalam Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi. Unsur tiga pilar seperti Camat Jatisampurna, Wahyudin, Sekretaris Kecamatan Jatisampurna, Nata Wirya, Danramil 02/Pondokgede, Mayor Inf Rahmat Triyono, Babinkamtibmas Jatisampurna Aiptu Kurnaedi, jajaran Lurah se-Kecamatan Pondok Melati, Kasi se-Kelurahan Jatisampurna, Kepala Puskesmas, Satpol PP, Kader PKK Posyandu, Ketua LPM dan BKM, para Ketua RW/RT dan sejumlah Tokoh Masyarakat terlihat ikut mengikuti kegiatan tersebut.

Kelurahan Jatisampurna mendapatkan jadwal penilaian kelurahan yang ke-8, setelah sebelumnya tim melakukan penilaian terlebih dahulu di Kelurahan Jatimurni. Sesuai dengan yang disampaikan oleh salah satu Tim Penilai dari Unisma untuk Bidang Pemerintahan, Yanto menyebutkan, “Iya dalam satu hari, tim menilai 2 Kelurahan,” ucap Yanto.

 Pelaksanaan kegiatan ini menghadirkan Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan, yang di bagi menjadi tiga bagian indikator penilaian. Pertama Bidang Kemasyarakatan mencakup dari Dinas DP3A, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kota Bekasi.

Kedua Bidang Pemerintahan yang terdiri dari UNISMA, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Bekasi, dan TWUP4 (Tim Wali Untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan) di Kota Bekasi. Dan yang ketiga adalah bidang Kewilayahan diantaranya, ada Dinas UMKM Kota Bekasi, Bapelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Bekasi, BPBD, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Seperti pada umumnya, Tim Penilai terlebih dahulu menjelaskan teknis pelaksanaan pada awal kegiatan, yang menjadi kriteria Penilaian Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi. Kriteria penilaian itu diantaranya seperti, Kesesuaian, Pengisian, Evaluasi Perkembangan Kelurahan sesuai dengan instrumen yang ada pada Tim Penilai memiliki nilai sebesar 50%.

Selanjutnya ada Kemampuan Ekspos Mutualisme, kriteria ini mempunyai nilai sebesar 20%, serta Inovasi atau Partisipasi Masyarakat terhadap Produk Unggulan yang ada di Kelurahan Jatimurni dengan nilai 30%.

Ketika dimintai pendapatnya, Wahyudin menyampaikan, “Penunjukan perwakilan Kelurahan Jatisampurna ini merupakan hasil penilaian dari tim Kecamatan, beserta unsur tiga pilar. Bahwa Kelurahan Jatisampurna memang layak, untuk mewakili Kecamatan Jatisampurna. Baik dari segi administrasi, maupun segi kemasyarakatan lainnya termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat,” kata Camat Jatisampurna, di sela-sela kegiatan tersebut.

 Berbagai bentuk persiapan yang menjadi indikator Tim Penilai sudah dipersiapkan, “Baik administrasi dan lain sebagainya, termasuk kreatifitas ataupun inovasi terhadap penanganan covid itu juga bagian dari pada penilaian,” ujar Wahyudin.

Nah, saya melihat di Kelurahan, lanjut Camat, “Jatisampurna ini cukup aktif dalam hal pencegahan covid di wilayah, termasuk dari mulai sosialisasi, sampai penegakan kepada masyarakat dalam hal disiplin untuk protokol kesehatannya,” imbuhnya.

Kriteria penilaian pada lomba kali ini, telah diketahui dan juga dipersiapkan sebelum jadwal penilaian dilakukan, “Pertama, tentunya apa yang menyangkut administrasi. Lalu yang kedua adalah, bagaimana pembenahan ataupun pemberdayaan di masyarakat. Nah yang ketiga adalah inovasi dalam hal penanganan covid, karena memang di masa pandemi di tuntut kreatifitas kita sebagai aparatur kelurahan untuk bersama-sama memutus dari penyebaran Covid-19,” papar Wahyudin kepada media ini, didampingi Danramil 02/Pondokgede, Mayor Inf Rahmat Triyono dan Babinkamtibmas Jatisampurna, Aiptu Kurnaedi.

Tentunya Kelurahan Jatisampurna, tambah Wahyudin, “Sebagai perwakilan Kecamatan Jatisampurna, saya berharap yang terbaik. Mudah-mudahan bisa berprestasi, dan menjadi yang terbaik di Kota Bekasi. Optimis, apa lagi kita dibantu tiga pilar tentunya,” ungkap Camat.

 Di ruang kerjanya, sebagai Lurah Jatisampurna, Nuryani pun menyampaikan harapan yang sama dengan Camat Jatisampurna, “Mudah-mudahan bisa dapat juara, dan semakin dapat meningkatkan kinerja komponen Kelurahan Jatisampurna kedepannya,” tandasnya.

Sementara Danramil 02/Pondokgede, Mayor Inf Rahmat Triyono sebelumnya sempat menuturkan berbagai perkembangan tentang ketahanan pangan dan produk unggulan di wilayah Kelurahan Jatisampurna. (Andrew) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *