Jatimurni Siap Meraih Kembali Juara Lomba Kinerja Kelurahan

oleh

Kota Bekasi, SK

Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati maju menghadapi Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021. Kegiatan penilaian berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Jumat Pagi (04/06/2021).

 Turut hadir dalam kegiatan ini, anggota DPRD Kota Bekasi, dr. Janet Aprilia Stanzah, Danramil 02/Pondokgede, Mayor Inf Rahmat Triyono, Camat Pondok Melati, Jaya Eko, Sekretaris Kecamatan Pondok Melati, Namar, jajaran Lurah se-Kecamatan Pondok Melati, Kasi se-Kelurahan Jatimurni, Kepala KUA, Kepala Puskesmas, Satpol PP, Kader PKK Posyandu, Ketua LPM dan BKM, para Ketua RW/RT dan sejumlah Tokoh Masyarakat.

 Salah satu Tim Penilai dari Unisma untuk Bidang Pemerintahan, Yanto menyebutkan bahwa penilaian yang dilakukan di Kelurahan Jatimurni ini adalah jadwal penilaian terhadap peserta yang ke 7 dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi. Masing-masing Kecamatan menunjuk 1 Kelurahan, untuk mengikuti Lomba tersebut.

 Pelaksanaan kegiatan ini menghadirkan Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan, yang terdiri dari berbagai Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Sebagai indikator dalam penilaian Lomba Kinerja Kelurahan, Tim di bagi menjadi tiga bagian untuk membidangi Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

 Dari podium utama, Tim Penilai menjelaskan teknis pelaksanaan di awal kegiatan, yang menjadi kriteria Penilaian Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi. Kriteria penilaian itu diantaranya seperti, Kesesuaian, Pengisian, Evaluasi Perkembangan Kelurahan sesuai dengan instrument yang ada pada Tim Penilai memiliki nilai sebesar 50%.

 Selanjutnya ada Kemampuan Ekspos Mutualisme, kriteria ini mempunyai nilai sebesar 20%, serta Inovasi atau Partisipasi Masyarakat terhadap Produk Unggulan yang ada di Kelurahan Jatimurni dengan nilai 30%.

 Berdasarkan keterangan Camat Pondok Melati, Jaya Eko membenarkan bahwa Kelurahan Jatimurni ditunjuk untuk maju sebagai perwakilan Kecamatan Pondok Melati, dalam Lomba Kinerja Kelurahan Tahun ini.

 Dalam hal persiapan, Camat mengatakan, “Kita menyiapkan perihal tentang pelayanan di Kelurahan, standartnya seperti apa saja dan SOP-nya seperti apa saja. Kedua tentang pembangunan yaitu, target-target yang harus dilaksanakan dan berapa yang sudah tercapai, berapa yang belum, itu kita persiapkan juga,” kata Jaya Eko.

 Diketahui bahwa pada Tahun 2016 lalu Kelurahan Jatimurni menyabet Juara 1 Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi.

 Bahkan di Tahun yang sama, Kelurahan Jatimurni juga ditunjuk untuk mengikuti Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kota Bekasi, dan hasilnya Juara I kembali di raih Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati kala itu, “Nah untuk kesiapan lomba alhamdulillah kita sudah siap. Karena apa? karena di Tahun 2016 alhamdulillah, Kelurahan Jatimurni ini bukan saja Juara 1 tingkat Kota Bekasi, tapi di provinsi waktu itu pun menjadi Juara,” ucap Jaya Eko, menuturkan kepada media ini.

 Pandangan Camat kepada pihak Kelurahan Jatimurni menilai sangat siap pada Lomba Kinerja Kelurahan kali ini, “Saya rasa sangat siap, karena berdasarkan data Tahun 2015 ini sudah ada. Kita hanya merevisi, menambahkan, mengurangi berdasarkan perkembangan zaman, serta target-target yang ingin di capai pemerintah daerah. Kita hanya mengkombin saja, data yang sudah ada dengan target dari atas kita sesuaikan,” tandasnya.

 Karena kesiapan kita, lanjut Jaya Eko, “Bisa disandingkan dengan Kecamatan yang lain. Kita sih berharap yang terbaik, saya, Kecamatan, Kelurahan, beserta seluruh komponen yang ada sudah berusahan maksimal. Kita berharap yang terbaik, mudah-mudahan Juara 1. Kalaupun tidak, kita kembali ke garis tangan,” ungkap Camat Pondok Melati.

 Terlihat cukup menguasai perlombaan, Lurah Jatimurni, Abdul Barkah memaparkan secara gambling persiapan yang telah dilakukan dirinya bersama dengan tim di Kelurahan Jatimurni, “Apa yang kita lakukan tentunya berharap mempunyai value-added atau nilai tambah sehingga dapat mengangkat wilayah Jatimurni menjadi lebih baik,” ujar Abdul Barkah.

 Mendekati di akhir kegiatan, setiap perwakilan Tim Penilai dari masing-masing bidang meyampaikan hasil reviwe. Perwakilan dari bidang kemasyarakatan mencakup dari Dinas DP3A, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP menjadi yang pertama menyampaikan hasil review.

 Kemudian review kedua disampaikan oleh perwakilan bidang pemerintahan yang terdiri dari UNISMA, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Bekasi, dan TWUP4 (Tim Wali Untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan) di Kota Bekasi.

 Terakhir adalah penyampaian review perwakilan bidang kewilayahan diantaranya ada Dinas UMKM Kota Bekasi, Bapelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Bekasi, BPBD, dan Dinas Lingkungan Hidup. (Andrew)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *