Meningkatkan kinerja BPN Kerinci,Hendy Esa Putra S.Sit Lantik Tim Ajudikasi PTSL TA 2021.

oleh

Kerinci, Jambi,SK

Meningkatkan kinerja di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, rabu 20/01 sekira pukul 10.00 wib kepala BPN Kerinci Hendy Esa Putra S.Sit melantik tim panitia Ajudikasi PTSL di gedung aula kantor BPN Kerinci yang beralamatkan di Jln. Lintas Sungai Penuh – Bangko.

Hendy Esa Putra S.Sit  menyampaikan dilantiknya tim panitia ajudikasi PTSL TA 2021 diharapkan mampu mengatasi bentuk-bentuk permasalahan dalam kepengurusan surat sertifikat redis di kantor pertanahan Kabupaten Kerinci dan tim ini dapat melakukan pendataan tanah masyarakat dengan cepat dan akurat serta dapat terealisasi sesuai dengan waktu yang diharapkan ujarnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tim panitia Ajudikasi PTSL TA 2021 ini untuk 8 desa yang sudah terverifikasi terdiri dari kepala desa beserta perangkat di 8 desa, dan juga termasuk pegawai kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kerinci.

Dijelaskan Pak Hendy,bahwasannya peserta PTSL pada lokasi desa yang telah dilaksanakan pengukuran tahun sebelumnya (2019), tidak akan dilaksanakan lagi pengukuran, kecuali pengumpulan alas hak untuk penerbitan sertipikat.
Dalam hal ini target kementerian ATR/BPN bahwa program PTSL harus sudah selesai sampai  tahun 2025, sehingga Kantor Pertanahan Kab.Kerinci merencanakan tidak ada lagi pengulangan lokasi desa PTSL tahun tahun berikutnya, serta kegiatan PTSL dilokasi yang dilaksanakan pengukuran, dilaksanakan untuk seluruh desa tanpa kecuali dan warga dilokasi PTSL untuk memasang tanda batas dan termasuk pemeliharaannya pungkas beliau tegas.

Target PTSL untuk SHAT Kabupaten Kerinci  berjumlah 5.250 sertipikat dan ini adalah target untuk kantor pertanahan, sehingga desa yang lengkap dalam pengumpulan alas hak diprioritaskan untuk memenuhi target penyelesaian tuturnya.

Tim PTSL dari kantor pertanahan sudah dibiayai oleh Negara dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga pegawai pada kantor pertanahan tidak diperkenankan untuk meminta atau memungut biaya dari masyarakat ucapnya tegas.

Ditambahkannya terhadap kepemilikan tanah komunal di Kab. Kerinci, dilaksanakan pengukurannya, dan diharapkan kepada masyarakat untuk memonitor pencatatan data oleh petugas fisik dilapangan bahwa satu orang yang tercatat dalam pendataan bidang tanah mewakili kelompok komunalnya dan pada kondisi untuk pemetaan tanahnya saja.

Agar tidak terjadi perubahan target PTSL Tahun 2021 seperti halnya pada tahun 2020 pelaksanaaan pengukuran dan khususnya pengumpulan alas hak masyarakat diharapkan dapat terkumpul dalam waktu yang tidak lama, sehingga dukungan penuh dari masyarakat dan aparat pemerintah desa sangat diperlukan sehingga pada akhir Februari atau waktu yang ditetapkan kemudian terealisasi seluruhnya jelasnya.

Pelantikan tim panitia ajudikasi PTSL TA 2021 ini diharapkan mampu mengatasi bentuk -bentuk permasalahan dalam kepengurusan surat sertifikat masyarakat di KANTAH Kabupaten Kerinci dan dapat melakukan dengan segera pendataan tanah masyarakat agar dapat terealisasi sesuai dengan waktu yang diharapkan pungkas Hendy.

Disampaikannya, dilantiknya PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap ) atau dulu yang lebih dikenal dengan Prona ( Program Nasional ) ini agar percepatan pendataan tanah masyarakat khususnya di Kabupaten Kerinci terealisasi sesuai dengan yang diharapkan, rencana kerja PTSL ini lebih efektif dan tersistem dari pada Prona dahulu.Permasalahan cepat diketahui dan dalam waktu singkat cepat dapat teratasi ujar beliau lantang.

Seharusnya PTSL ini sudah melaksanakan tugas – tugas pokoknya, walaupun sedikit terlambat pelantikan tim ini, target yang telah BPN tentukan sebanyak 5250 ( lima ribu dua ratus lima puluh ) sertifikat tanah masyarakat, segera akan diverifikasi selambat – lambatnya akhir Februari 2021.

Dilanjuti dengan pengambilan sumpah untuk TIM panitia Ajudikasi PTSL oleh Kepala BPN Kabupaten Kerinci Hendy Esa Putra S.Sit,yang diikuti oleh peserta serta ditutup dengan doa bersama sekira pukul 11.40 wib.

Dalam pandemi wabah covid 19 yang semakin meningkat ini, Bapak Hendy juga berpesan agar tim yang bekerja tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, selalu menggunakan 3 M, menjaga jarak, mencuci tangan, dan selalu menggunakan masker, dan hindari kerumunan, sayangi diri kita, keluarga kita dan juga lingkungan kita agar terhindar dari wabah ini. Semoga Pandemi covid 19 ini cepat dapat teratasi dan kita dapat hidup seperti sedia kala himbaunya. (Erik )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *