Program CFW KOTAKU,Libatkan 57 Warga Sebagai Pekerja

oleh

Kota Bekasi, SK 

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mendapatkan pembinaan dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Bintara Jaya, melaksanakan pekerjaan perbaikan maupun perawatan lingkungan pada 5 wilayah Rukun Warga (RW) di Kelurahan Bintara Jaya.

Seperti pelaksanaan pekerjaan normalisasi pengerukan drainase/saluran air warga yang terpantau media ini pada, Rabu Pagi (23/06/2021) di wilayah RT. 05/RW. 09 Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat.

Di lokasi yang sama, Nasrudin atau Bang Edo (sapaan akrabnya) selaku Koordinator BKM Kelurahan Bintara Jaya menjelaskan, kegiatan ini dikerjakan menggunakan anggaran padat karya tunai CFW (Cash For Work/uang tunai untuk bekerja) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), “Program ini sifatnya padat karya, jadi masyarakat yang bekerja. Diambil dari aspirasi masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Bang Edo, total anggaran dari program ini senilai Rp. 300 juta, “Tapi untuk penganggaran (red-bahan material) pekerjaan dan pekerja itu 290 (red-Juta). Nah yang 10 (red-Juta) itu buat pelatihan-pelatihan. Seperti pelatihan BKM dan KSM untuk para pekerja, 300 ini untuk keseluruhan,” ujar Bang Edo, ketika dimintai keterangan secara terbuka oleh wartawan. 

Bang Edo juga mengatakan, dari jumlah anggaran 290 Juta, 70 persen alokasi dana diperuntukan sebagai upah kepada 57 orang tenaga kerja. Kemudian 30 persen diantaranya, dipergunakan untuk membeli bahan material yang diperlukan.

Koordinator BKM Kelurahan Bintara Jaya ini pun memaparkan, program tersebut dilaksanakan dengan 2 tahap pekerjaan, “Kalau untuk tahap pertama ada sekitar 40 orang (red-pekerja), nanti ada penambahan 17 orang lagi di tahap kedua,” kata Bang Edo.

Fokus dari kegiatan yang dilaksanakan lebih kepada perbaikan atau perawatan Drainase/Saluran Air warga dan Jalan Lingkungan yang sudah di bangun melalui program-program BKM sebelumnya.

Lokasi titik pekerjaan pada tahap pertama berada di RW. 09, RW. 03, RW. 10, dan sebagian berada di RW. 01. Selanjutnya adapun pada tahap kedua nanti, sebagian lokasi titik pekerjaan di RW. 01 dikerjakan bersama dengan lokasi titik pekerjaan yang berada pada RW. 08 Kelurahan Bintara Jaya.

Total seluruh pekerjaan pada kedua tahap ini berjumlah 25 titik, dari 5 RW yang ada di Kelurahan Bintara Jaya, “Iya ada lima RW keseluruhan. Saya berharap, dalam program ini kedepannya masyarakat bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan secara bersama-sama,” ungkap Bang Edo mengakhiri keterangannya.

Sementara ketika disambangi media ini di kantornya, Lurah Bintara Jaya, Zainal Arifin mengucapkan rasa terima kasihnya kepada program yang sedang berjalan itu.

Di sisi lain, menurut Lurah Bintara Jaya, program tersebut sejalan dan dapat membantu warga yang terdampak pada saat masa pandemi seperti sekarang ini, “Kita lihat sebagian besar anggaran dialokasikan kepada para pekerja, yang merupakan warga di sekitar lokasi pekerjaan tersebut. Itu dapat mengurangi beban dan membantu warga, yang penghasilannya menurun dari dampak pandemi covid-19,” ucapnya. 

Jadi, sambung Lurah Bintara Jaya, “Saya sangat berterima kasih sekali, semoga program ini sangat bermanfaat untuk warga di wilayah Kelurahan Bintara Jaya,” tutup Zainal Arifin menanggapi program tersebut. (Andrew) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *