Menanam Jagung Variates NA1 dan NA2 Siap Expor ke Jepang

oleh
Sulsel Soppeng, SK
Sekertaris Daerah Kabupaten Soppeng Drs.H.A. Tenri Sessu, M.Si mewakili Bupati Soppeng menghadiri acara launching Show Window pertanaman jagung manis di Penginapan Hakata Lejja Desa Bulu'E Kecamatan Marioriawa oleh Gubernur Sulsel Prof .Dr .H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr,  Selasa 21 Januari 2020.
Variates jagung manis yang di launching oleh Gubernur Nurdin Abdullah yaitu variates jagung NA1 dan NA2, kegiatan ini merupakan program Dinas Ketahanan Pangan,  Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Soppeng.
Kegiatan launching ditandai dengan penyerahan tanda daftar  Variates NA1 dan NA2 dari Kepala Balai Penelitian Serealia kepada Gubernur Sulsel didampingi Kadis Ketahanan Pangan Sulsel, dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang Variates jagung NA1 dan NA 2 oleh Rahmi Yuliani Arfan,  SP, M.Si.
Pada kesempatan tersebut sekda soppeng juga berkenang mendampingi Gubernur Sulsel untuk menyerahkan bantuan bibit mangga secara simbolis kepada kelompok tani Musang dan Mattirodeceng.
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan hari ini saya bersyukur karena setelah lima tahun hasilnya sudah nampak,  diawalnya memang saya suka makan jagung,  dan pernah saya bawah jagung dari Jepang, kasih coba semua orang dan semua suka. Jagung ini kalau dimakan mentah enak, jadi jagung ini bukan sembarang jagung, ungkapnya.
Saya sampaikan jagung ini bukan pemberian, memang saya bawa dan saya kembangkan bersama Balitsereal,  jadi saya tantang ballitsereal dan saya sampaikan jangan hanya jagung pulut,  tapi saya ingin kembangkan jagung manis, karena yang manis itu mahal. Harapan saya kalau kita bisa kembangkan, kita bisa menjadi pengexpor jagung manis dan Jepang siap untuk menjadi marekting kita.
Acara diakhiri dengan penanaman jagung manis variates NA1 dan NA2  oleh Gubernur Sulsel turut mendampingi Sekda Soppeng,  Bupati Sidrap,  Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Kadis Ketahanan Pangan Sulsel, Kepala Balitsereal Maros, Kepala BPTP Sudiang serta sejumlah kelompok tani.(AID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *