DESA MANDAPA GELAR MUSDES KHUSUS PENERIMA BLT-DANA DESA 2020

0
47

KAB.MAJALENGKA,SK

Musyawarah Desa ( MUSDES ) Khusus validasi, Finalisasi dan penetapan penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahun 2020 dampak pandemi coronavirus desease 2019 (Covid-19) di Desa Mandapa Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat digelar, Rabu(29/4/2020) malam. Musyawarah Khusus yang digelar di aula Desa Mandapa dihadiri oleh Camat, Kapolsek, Danramil Dawuan, serta perangkat desa, BPD, LPM, Rt, Rw Desa Mandapa.

Menurut Kepala Desa Mandapa, Cucu Hasan Nugraha S.T Musyawarah Desa ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang berkurang bahkan hilang mata pencaharian yang diakibatkan oleh dampak Covid-19. membahas pendataan dan penyaluran BLT dari dana desa yang diberikan kepada warga kurang mampu yang belum mendapatkan progra bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan Kartu Prakerja. Jumlah penenerima BLT dana desa berjumlah 196 Kepala Keluarga dari 3 Blok, sesuai dengan kriteria ketentuan yang memenuhi 14 kriteria.

Setiap penerima BLT dana desa masing-masing akan mendapatkan 600 ribu/bulan terhitung sejak April, Mei, Juni hingga total menjadi Rp1,8 juta . Alokasi pemberian BLT dana desa dibagi dalam tiga tingkatan dengan melihat pada besarnya dana desa.

Desa yang memiliki anggaran kurang dari Rp800 juta, BLT yang dialokasikan hanya 25 persen. Kemudian, desa yang memilki anggaran Rp800 juta hingga Rp1,2 miliar mengaplikasikan BLT sebesar 30 persen dan anggaran desa di atas Rp 1,2 miliar BLT yang dialokasikan 30 persen. ”BLT yang berasal dari dana desa ini akan disalurkann pada April hingga Juni 2020,” kata Cucu.

Dia berharap dengan adanya kebijakan seperti ini bisa mengurangi beban masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dampak pandemi virus corona ini.

Selain itu, Kepala Desa Mandapa mengajak warganya untuk tetap mematuhi semua aturan yang di keluarkan oleh Pemerintah baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, sehingga musibah pandemi corona secepatnya hilang dari indonesia.(Yan’s)

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini