IAIN Ambon Akan Alih Status Menjadi UIN, A.M.Sangaji.

0
82

Ambon.SK

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, akan mengalihkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri, (UIN) dengan nama Universitas Islam Negeri,(UIN) A.M.Sangaji. Pengalihan status  ini, sesuai dengan persyaratan yang ada dalam dokumen telah kami sampaikan ke-Kementerian Agama,Biro Ortala dan Dikti, sekaligus divisitasi, yang berlangsung 9 Desember 2022,  seluruh dokumen dinyatakan sudah lengkap.

Terkait dengan Alih Status dari IAIN menjadi UIN, nama yang diusulkan Kekementerian Agama adalah Universitas Islam Negeri (UIN).A.M.Sangaji,dan sudah diakui secara resmi.  Demikian disampaikan Rektor IAIN Ambon,

Prof.Dr.Zainal. Abidin Rahawarin .M.Si, dalam wawancara dengan wartawan diruang kerjanya Kamis 5 Januari 2023. Dikatakan, Jumat 6 Januari 2023, Rektor IAIN akan berangkat ke-Jakarta guna membawa dokumen lengap dengan persyaratannya, untuk disampaikan ke-Kementerian Agama serta Menpan RB., sehingga diharapkan sebelum Agustus 2023, Alih Statusnya sudah bisa diterima di-IAIN Ambon.

Menurutnya status IAIN Ambon, dari tahun ketahun meningkat cukup pesat, dan itu telah disaksikan sendiri oleh Dirjen Pendidikan Islam dari Kementerian Agama RI, ketika menyaksikan wisuda,sarjana,dibulan Desember  sekaligus memberikan orasi ilmiah,dimana Beliau menyampaikan bahwa IAIN Ambon, bukan layak lagi tapi sudah harus, menjadi UIN, karena memenuhi persyaratan dari berbagai aspek, baik itu aspek Guru Besar, Prodi Yang Memiliki Akreditasi Unggul,infrastruktur dan sarana prasarana, SDM seluruhnya memenuhi syarat. Sehingga dalam waktu dekat ini diharapkan sudah terjadi perubahan alih status.

Dikatakan pula dalam alih status IAIN Ambon, ini  telah disetujui beradanya 1 Fakultas, sehingga dalam Bulan Januari ini akan dilantik semua para pejabatnya, yang mana Fakultas tersebut adalah Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam, dan sudah mendapat persetujuan dari Menpan RB,dan disahkan Menteri Agama. Selain itu ada 2 Fakultas yang disiapkan, sebagai Fakultas Umum yakni,Fakultas Saint Dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika.

Terkait dengan Guru Besar yang disandang Rektor,akhir Januari 2023 baru dikukuhkan,karena SK baru diterima awal Januari 2023 . Selain itu juga ada 4 guru besar yang SK sedang ditunggu,sehingga jumlah guru besar seluruhnya ,10 Guru Besar tambah Rektor,tutup Rahawarin. (Izk)

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini