Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui dan Penyebab Kenapa Susah Tidur

0
25

Bagi Anda yang susah tidur, mungkin Anda pernah terpikir untuk mencoba obat tidur apotek. Akan tetapi, sebelum mencoba obat ini sebaiknya pahami betul bagaimana cara kerja masing-masing obat, penyebab Anda susah tidur,Minum obat untuk tidur tidak seperti minum air putih, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar obat bereaksi dengan aman dalam tubuh. Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa menggunakan obat tidur alami, kok. Yuk simak semua ulasan tentang obat untuk tidur di bawah ini

Penyebab susah tidur

Ada banyak sekali penyebab orang susah tidur, mulai dari depresi yang berujung insomnia, stres, makanan, hingga kondisi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini penyebab susah tidur yang bisa terjadi:

  1. Stres

Stres bisa membuat Anda jadi susah tidur. Kelenjar adrenal akan melepaskan beberapa hormon yakni hormon adrenalin dan kortisol saat stres.

Hormon ini memiliki sifat membuat Anda tetap terjaga dan merasa sangat susah tidur meskipun Anda berjuang untuk melakukannya. Maka itu, mengelola stres sangat penting agar tidak membuat Anda susah tidur.

Menghilangkan stres memang hampir tidak mungkin, tetapi bagaimana Anda menempatkan diri menghadapi segala kesibukan dan tekanan stres membantu malam hari Anda lebih tenang, sehingga Anda lebih mudah untuk tidur. Stres akan memicu Anda untuk mengalami insomnia lebih mudah.

2.Depresi

Depresi adalah sebuah penyakit mental yang bisa memengaruhi suasana hati, stamina, selera makan, konsentrasi, bahkan pola tidur. Orang yang depresi akan cenderung merasa sedih dan cemas.Kondisi ini membuat zat kimia di otak, yakni serotonin yang memengaruhi mood, emosi, dan waktu tidur jadi tidak stabil. Inilah kemudian yang membuat Anda mengalami insomnia atau susah tidur.

3.Minum kafein

Kafein adalah zat yang bisa bertahan dalam aliran darah dalam jangka waktu yang cukup lama. Kurang lebih bisa bertahan 8-14 jam setelah Anda makan atau minum sesuatu yang mengandung kafein. Setelah 8-14 jam, tubuh baru mulai menyaring kafein dalam darah.

Keberadaan kafein inilah yang membuat Anda tetap terjaga. Tidak heran kalau beberapa orang yang minum kopi setelah itu jadi susah tidur. Bahkan ada beberapa orang yang minum kopi jauh sebelum di waktu tidur, seperti di pagi hari tapi tetap merasa susah tidur pada malam harinya.

4.Perubahan hormon

Hormon reproduksi mengalami perubahan terutama pada wanita saat menstruasi, hamil, atau memasuki usia menopause. Kondisi ini semua bisa memengaruhi zat kimia di otak yang mengendalikan waktu tidur.

Rasa tidak nyaman atau sakit yang dirasakan para wanita pada fase ini pun juga membuatnya lebih susah tidur dari sebelumnya.

5.Minum alkohol

Ternyata kadar alkohol yang tinggi bisa membuat Anda susah tidur. Dilansir dalam laman WebMD, alkohol mengurangi waktu tidur dalam tahap REM, yaitu tahap ketika Anda paling pulas. Alkohol juga meningkatkan fase tidur non-REM, yang merupakan fase tidur yang tidak pulas.

Dengan begitu kualitas tidur Anda akan terganggu. Beberapa orang mengalami susah tidur sebab mudah sekali terbangun.

6.Makanan yang kurang tepat

Ternyata makanan juga bisa membuat Anda susah tidur, terutama makanan yang Anda makan sebelum tidur. Makan berlebihan atau terlalu sedikit bisa mengganggu waktu tidur Anda.Selain itu, makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebab, bisa terjadi naiknya (refluks) makanan dari lambung kembali ke kerongkongan. Ini yang membuat seperti ada rasa terbakar, nyeri, atau batuk-batuk sebelum tidur.

Jika seperti itu kondisinya, tentu akan membuat Anda semakin susah tidur dan mengurangi waktu istirahat yang seharusnya.

Obat tidur alami untuk mengatasi susah tidur

Alih-alih langsung menggunakan obat untuk tidur secara medis, Anda bisa mencoba dahulu obat tidur alami. Perlu Anda ketahui bahwa obat berbahan kimia, memiliki efek samping yang akan memengaruhi tubuh Anda. Maka itu, coba beberapa obat alami dahulu. Ini beberapa obat tidur alami yang bisa Anda gunakan saat mengalami susah tidur:

  1. Chamomile

Chamomile adalah salah satu obat tidur alami yang bisa Anda gunakan dan temukan dengan mudah. Pasalnya, di pasaran chamomile banyak tersedia dalam bentuk teh, ekstrak atau salep topikal.

Anda bisa menggunakan chamomile sebelum tidur untuk mengatasi insomnia atau susah tidur yang Anda alami.

  1. Akar valerian

Akar valerian tanaman herbal asli dari benua Eropa ini juga bisa menjadi obat tidur alami Anda. Beberapa ahli mengatakan bahwa mengonsumsi 300-900 mg akar valerian sebelum tidur dapat menimbulkan rasa kantuk lebih cepat, sekaligus valerian juga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dilansir dalam American Journal of Medicine tahun 2015, asupan valerian dalam jangka pendek masih tergolong aman dan jarang peserta pada penelitian ini yang mengeluh akan efek samping yang serius.

  1. Makanan yang memicu produksi melatonin

Makanan yang bisa memicu produksi melatonin seperti kacang almond, kacang walnut, susu, keju, yogurt, buah ceri, selada, ikan tuna bisa jadi obat tidur alami Anda agar tidak susah tidur. Meningkatnya kadar melatonin dalam otak bisa mempercepat Anda untuk tidur.

  1. Makanan yang mengandung magnesium

Magnesium adalah mineral penting di dalam tubuh yang membantu fungsi kerja otak dan jantung. Selain itu, mineral magnesium juga memiliki efek relaksasi yang bisa mengatur jam biologis Anda, termasuk jam tidur Anda.

Sementara itu, penelitian lainnya menemukan bahwa orang yang kekurangan kadar magnesium cenderung mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Magnesium termasuk obat tidur alami yang mudah ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, susu, bayam, brokoli, sawi hijau, serta ikan.

  1. Lavender

Bunga cantik berwarna ungu ini memiliki aroma khas yang unik dan menenangkan. Tidak heran kalau lavender banyak dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk menenangkan tubuh sekaligus mempercepat tidur. Bahkan beberapa mengungkapkan bahwa mencium aroma lavender 30 menit sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Maka itu, obat tidur alami satu ini bisa jadi pilihan praktis yang diletakan di dalam kamar Anda. Menghirup aroma terapi lavender dalam kamar juga mengharumkan ruangan tidur Anda.// Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita | Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini