Raden Ruli Adi, Mantan Direktur Pertamina dan KAI, Siap Maju Pilkada Purbalingga 2024 Lewat PKB

0
282
Raden Ruli Adi menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup Purbalingga di kantor DPC PKB
Raden Ruli Adi menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup Purbalingga di kantor DPC PKB (Foto: Hendra Kosasih)

Purbalingga, SK – Raden Ruli Adi, mantan Direktur di Pertamina dan PT KAI, resmi mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati (bacabup) Purbalingga melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Sabtu, 25 Mei 2024. Langkah ini menegaskan komitmennya untuk berkontribusi dalam Pilkada Purbalingga 2024.

Dikenal dengan sapaan Den Ruli, ia datang ke kantor DPC PKB Purbalingga dengan iringan puluhan pendukung yang mengendarai motor besar dan beberapa mobil. Didampingi istrinya, Den Ruli menyerahkan berkas pendaftaran di hari terakhir yang ditentukan oleh PKB.

“Saya mengikuti aturan yang ada dan telah mengembalikan formulir beserta persyaratan yang diminta. Ini adalah langkah awal menuju rekomendasi dari DPP. Selanjutnya, akan ada survei elektabilitas. Tugas saya sekarang adalah berkenalan dan bersilaturahmi dengan masyarakat Purbalingga,” ujar Den Ruli.

Den Ruli bukanlah sosok asing di Purbalingga. Ia memiliki garis keturunan dari Dipokusumo, mantan bupati Purbalingga, dan juga merupakan paman dari Bupati Purbalingga saat ini, Dyah Hayuning Pratiwi. Meskipun harus berhadapan dengan keponakannya dalam kontestasi Pilkada, Den Ruli menekankan pentingnya menjaga suasana politik yang damai.

“Alhamdulillah, jika nanti bertemu dengan keponakan sendiri dalam Pilkada, saya akan tetap menjaga suasana politik yang damai. Biarlah masyarakat yang memilih, apakah memilih yang wadon atau lanang,” katanya.

Visi Den Ruli dalam pencalonannya adalah mengembalikan kejayaan Purbalingga seperti pada masa Panglima Soedirman. Ia menilai, meskipun keponakannya telah melakukan banyak hal baik, masih diperlukan loncatan besar untuk mengatasi tantangan yang ada, termasuk tingginya tingkat kemiskinan di Purbalingga yang saat ini berada di peringkat keempat di Jawa Tengah.

“Saya malu jika berhasil di luar sebagai direktur tetapi kembali ke kampung halaman yang miskin. Saya ingin Purbalingga bangkit kembali, mengurangi pengangguran dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja,” ungkapnya.

Den Ruli memiliki kedekatan emosional dengan PKB dan Gerindra, dua partai yang menjadi pilihannya untuk maju dalam Pilkada Purbalingga. Kedekatan ini didasari oleh hubungan sejarah keluarganya dengan pendiri PKB, Gus Dur, serta hubungannya dengan Prabowo Subianto sejak tahun 1990-an.

Baca juga: Raden Ruli Adi Raih Dukungan Tiga Partai Besar untuk Pilkada Purbalingga 2024

“Saya memiliki kedekatan sejarah dengan Gus Dur, Gus Solah, dan juga Yenny Wahid. Sementara itu, saya juga mengenal Pak Prabowo sejak tahun 90-an, ketika saya bekerja di keluarga Cendana,” tuturnya.

Ketua DPC PKB Purbalingga, Aman Waliyudin, menyambut baik pendaftaran Den Ruli dan menilai bahwa sosoknya memiliki jaringan yang luas di tingkat nasional, yang akan sangat bermanfaat bagi kemajuan Purbalingga.

“Kapabilitas Den Ruli sudah tidak diragukan lagi. Jaringan nasional beliau akan membantu menarik dana pusat untuk pembangunan Purbalingga,” jelas Aman.

Dengan langkah ini, Den Ruli Adi berharap dapat membawa perubahan signifikan bagi Purbalingga dan mengangkat derajat daerahnya ke tingkat yang lebih tinggi, sejalan dengan visinya untuk mengembalikan kejayaan Bumi Soedirman. (Hendra Kosasih)

A. Awaludin
Author: A. Awaludin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini