Walikota Bekasi Tinjau Kesiapan Puskesmas Kranji Hadapi Akreditasi.

0
20

Kota Bekasi, SK.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi tinjau langsung sarana dan prasarana Puskesmas Kranji pada, hari Rabu (20/11/2019) pagi, di Jl. Sakura Perum Duta Kranji, Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat.

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh dr. Tanti Rohilawati Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Sumpono Brama Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, dr. Nita Purnomo Kepala Puskesmas (Kapus) Kranji, Andi Kristanto Lurah Kranji, Binmaspol, serta Ketua Rukun Tetangga (RT.006), dan Ketua Rukun Warga (RW.010) setempat.

Demi meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas Kranji, diketahui Puskesmas Kranji akan mengikuti akreditasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. Rencananya, kegiatan akreditasi tersebut akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang dimulai dari hari Kamis (21/11) Pembukaan, Jum’at (22/11) Wawancara lintas sektor, sampai dengan hari Sabtu (23/11) Penutupan. “jadi kita akan melaksanakan akreditasi dari hari kamis sampai hari sabtu,” ucap Kepala Puskesmas Kranji kepada wartawan Suara Keadilan.

Adapun modal utama dari kesiapan Puskesmas Kranji yang akan mengikuti kegiatan akreditasi selama 3 hari tersebut adalah, memberikan pelayanan sesuai dengan Permenkes No. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), “kalau dari puskesmas, nomor satu pastinya kita memberikan pelayanan sesuai dengan Permenkes 75 dari mulai, sarananya, prasarananya, tenaga kesehatannya, setelah itu kita juga harus mengikuti sistem standar oprasional,” jelas dr. Nita Purnomo.

Selain itu, Nita juga menyampaikan, “harapan saya tentunya puskesmas kranji harus bisa bermanfaat untuk masyarakat kranji minimal,” ungkapnya menambahkan. Disamping itu, Andi Kristanto sebagai Lurah Kranji juga sangat mendukung tahapan survei akreditasi dari Kementerian Kesehatan kepada Puskesmas Kranji, “semoga dengan tahapan survei akreditasi ini, Puskesmas Kranji benar-benar bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat secara baik. Sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan aturan yang seharusnya, jadi kami sangat mendukung adanya survei akreditasi ini,” ungkap Andi dalam kesempatan tersebut. Melihat peninjauan yang dilakukan oleh Rahmat Effendi Walikota Bekasi saat itu,  responsif dari Walikota cukup positif. Bahkan sempat memerintahkan dinas terkait untuk mengembangkan sarana dan prasarana, khususnya terhadap pembangunan gedung Puskesmas Kranji. Usai dilakukan peninjauan yang cukup singkat oleh Walikota Bekasi, dr. Nita Purnomo mengajak Lurah Kranji, Ketua Rt.006, Ketua Rw.010, dan Binmaspol untuk berdiskusi diruang kerjanya, meminta dukungan sinergi agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, “mohon dukungannya, semoga bisa dapat nilai yang terbaik. karena apa bila dapat nilai yang terbaik, puskesmas kranji akan mendapatkan kemudahan untuk meningkatkan pelayanan,” terangnya.

Dalam diskusi saat itu, dr. Nita menjabarkan agenda akreditasi yang akan dilaksanakan. Hari pertama (Kamis) akan dilakukan penyambutan, pembukaan, dan pemaparan terkait pekerjaan yang telah dilakukan Kepala Puskesmas Kranji bersama rekan-rekan selama ini dalam mengembangkan pelayanan di Puskesmas Kranji, setelah itu akan dilakukan selusur dokumen. Pada hari kedua (Jum’at) akan dilakukan kegiatan wawancara lintas sektor, kepada Camat Bekasi Barat ataupun Lurah Kranji dan kegiatan akan di tutup pada hari Sabtu. (And)

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini