PANEN RAYA BERSAMA ANDY ROBY, SH DI PEKON TAMBAHREJO KECAMATAN GADINGREJO

0
13

Pringsewu,SK.

Gebyar Panen Raya Bersama Andy Roby SH Caleg DPRD provinsi Lampung dari Partai PDIP di Pekon Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo minggu pagi, (03/09/2023) yang di hadiri oleh kurang lebih  4000 orang petani dari Kota Madya Metro, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan panen raya yang kali pertama dilaksanakan di Pekon Tambahrejo ini dengan luas hamparan areal persawahan 142 hektar dengan menanam  jenis Bibit Padi MSP. 13 B.

Turiman, ” Ketua Panitia kegiatan Gebyar Panen Raya di Pekon Tambahrejo pada Wartawan Suara Keadilan minggu pagi, (03/092023) mengatakan pada medio  April 2023 lalu Pak Andy Roby, SH berkunjung ke Kepala Pekon Tambahrejo Supriyadi dalam pertemuan tersebut setelah melihat lokasi persawahan yang bagus, akhirnya Andy Roby, SH bersama dengan saudara – saudara Petani bersepakat untuk memberikan Bibit Padi MSP. 13 B sebanyak 1 ton, ujarnya dan sekitar bulain Mei 2023 di mulailah penanaman Bibit  Padi Varietas MSP 13 B  tersebut lanjut Turiman pula setelah  bibit mulai tumbuh dalam perawatannya diberikanlah semacam Pupuk Organik berupa Asap Cair hasil dari Permentasi dari Jerami padi pemberia dari Andy Roby, SH sebanyak 500 liter ujarnya lagi dan Asap cair tersebut di gunakan saat usia padi berumur 7 hari setelah tanaman pungkasnya.

Ditambahkan lagi oleh Turiman bahwa perlakuan terhadap padi dari Bibit MSP 13 B tersebut setiap satu minggu sekali dilakukan penyemprotan Asap Cair sampai saat mau panen pungkasnya.

Ia mengatakan dari hamparan 142 hektar ini akan menghasilkan sekitar 850 ton, adapun keunggulan bibit padi MSP 13 B sangat bagus sekali, batangnya sangat kokoh dan kurang lebih  ada sekitar 200 anakan padi dan pada setiap satu malai padi ada sekitar 100 bulir, ia menjelaskan dilokasinya hamparan sawah miliknyan menanam sekitar setengaj hektar.

Di jelaskan oleh Turiman untuk jenis padi Varietas MSP 13.B ini kedepan pada saat musin rendeng medio Desember – Januari 2024 petani di Pekon tambahrejo akan  kembali  ramai – ramai menanamnya kembali kedeapan ia berharap jenis padi  MSP 13.B bisa disebarluaskan di luar Kabupaten Pringsewu pungkasnya. ( ANTO)

Ketua DPC PDIP Kabupaten Pringsewu Palgunadi, STP mengatakan bahwa kegiatan, ” Panen Raya ” ini merupakan kegiatan yang sangat besar, PDIP Perjuangan Kabupaten Pringsewu sangat berterima dengan hajat Besar ini, Hidup MSP, Hidup Andy Roby, SH selorohnya.

Palgunadi juga mengatakan dengan adanya kegiatan Panen Raya ini merupakan wujud dari kedaulatan rakyat, dengan adanya Bibit Padi MSP. 13 B diharapkan kedepan tidak ada lagi  kelangkaan bibit padi lagi ujarnya.

Ia menjelaskan disamping adanya bibit padi MSP. 13 B juga  Andy Roby, SH juga rajin selalu mendampingi para petani dalam rangka memanagemen dan membuka pola pikir petani ujarnya  juga  adanya bantuan  Alat Pertanian untuk mendukung mencapai kedaulatan para petani kedepan palgunadi berharap  program ini akan terus berjalan.

Sementara pada saat yang sama juga menurut Ketua DPRD Kabupaten Lamteng Sumarsono dengan adanya  kegiatan Panen Raya Bibit Padi MSP 13 B di Pekon Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo ini dengan luasan areal persawahan sekitar 147 hektar ini ujarnya, ”  Mari Sejahterakan Petani indonesia ”  dalam yel – yelnya.

Ditambahkan oleh Sumarsono sebagai ketua Koordinator Provinsi Lampung Kader – kader PDIP diwajibkan untuk mensejahterakan petani, sebab menurutnya kita masih membeli bibit padi Rp. 1.500.000,- per karungnya dan ia menekankan kader PDIP harus sanggup untuk memberikan bibit padi gratis kepada para Petani dan juga wajib membeli dengan harga pagu yang telah ditetapkan oleh pemerintah pungkasnya.

Terkait permasalahan air yang sering dikeluhkan oleh petani pada musim kemarau hendaknya dilakukan program Pipanisasi dengan teknologi semisal tenaga Surya sehingga petani indonesia dapat menuju menjadi petani yang berdaulat , bukan sebaliknya petani hanya menjadi dan rata – rata  dibuat sebagai Objek politik terangnya kedepan dengan adanya bibit Padi MSP 13 B ini  kader – kader PDIP harus siap untuk mensejahterakan petani pungkasnya.

Pemulia Padi Prof. Surono Danu menyampaikan,” kita yang hadir disini masih makan nasi ” sehingga ujarnya, ” Mari kita Sejahterakan Petani ” Kedepan ia akan menciptakan jenis bibit padi yang lebih baik lagi  seperti bibit padi yang  ketiga ada 600 Butir permalai yang dari bibit padi berasal dari lampung pejantannya sedangkan betinanya  dari madura.

Surono Danu pun menjelaskan untuk sisa panen padi ia menganjurkan bahwa damen ( jeraminya) , ” Jangan dilakukan pembakaran, dijawa perlakuan petani disana tidak pernah membakar jerami sehingga bisa dimanfaatkan kembali ujarnya, dari padi kembali ke padi lagi jelasnya dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik asap cair.

Ditempat yang sama Andy Roby, SH mengatakan dari luasan lahan tanah seluas 300 hektar telah berkomitmen untuk menyebarluaskan bibit padi MSP. 13 ini dan akan terus disebar luaskan ke para petani di seluruh wilayah yang ada di kabupaten pringsewu,metro serta pesawaran  tetapi untuk menghasilkan dan mencapai target tersebut air merupakan sebuah kebutuhan yang sangat vital untuk tumbuh dan berkembang biaknya padi tersebut sehingga program kedepannya ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat program sistem pengairan yang refresentatif  pungkasnya. ( ANTO)

 

 

 

 

 

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini