Sertijab Camat Bekasi Barat, Begini Pesan Camat Sebelumnya

0
90
Ridwan AS, S.H., M.Si. menandatangani Berita Acara (BA) Sertijab sebagai Camat Bekasi Barat.
Ridwan AS, S.H., M.Si. menandatangani Berita Acara (BA) Sertijab sebagai Camat Bekasi Barat.

Kota Bekasi, SK – Selaku Camat Bekasi Barat yang baru, Ridwan AS, S.H., M.Si. bertekad untuk tetap melanjutkan program pelayanan masyarakat yang pernah digagas oleh Camat Bekasi Barat sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Ridwan kepada wartawan, selepas kegiatan Pisah Sambut dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Bekasi Barat yang berlangsung di Aula Kecamatan Bekasi Barat, Kamis (06/06/2024).

Kegiatan itu dihadiri oleh jajaran stakeholder Kecamatan Bekasi Barat seperti, aparatur di lingkungan Kecamatan Bekasi Barat, Lurah se-Kecamatan Bekasi Barat, Wadanramil 01/Kranji, perwakilan dari Polsek Bekasi Kota, dan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, Gutus Hermawan Eka Permana, S.IP. atau Camat Bekasi Barat sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh wartawan media ini, kegiatan Sertijab Camat Bekasi Barat itu merupakan tindak lanjut tentang pengangkatan dan alih tugas dalam jabatan administrator Eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Hal tersebut tertuang di dalam Lampiran Keputusan Wali Kota Bekasi No: 800.1.3.3/Kep.62-BKPSDM/V/2024 pada 31 Mei 2024 lalu.

Ridwan mengatakan, untuk program pelayanan yang sudah berjalan di wilayah Kecamatan Bekasi Barat memiliki banyak nilai sub-positif, “Artinya nilai-nilai yang membangun. Bagaimana kita melibatkan masyarakat, dan juga memfasilitasi masyarakat yang memang membutuhkan bantuan pemerintah Kecamatan,” katanya.

Ke depan, mantan Sekretaris Bapenda Kota Bekasi itu menambahkan, “Saya akan terus tetap melanjutkan (red – Program Pelayanan), dan tentunya dibantu dengan seluruh aparatur Kecamatan, RW (Rukun Warga), serta para-Lurah yang ada di Kecamatan Bekasi Barat,” tambahnya.

Kemudian dirinya juga berharap, dapat menjalankan amanah seperti yang telah dilakukan oleh Camat sebelumnya, “Mudah-mudahan saya bisa melaksanakan amanah seperti Pak Gutus kerjakan sebelumnya, karena saya lihat banyak hal positifnya,” ucap Ridwan.

Camat Bekasi Barat yang baru ini menerangkan, memiliki amanah untuk ditugaskan di wilayah seperti Kelurahan dan Kecamatan bukanlah merupakan hal yang baru baginya, “Terkait pelayanan yang ada di Kecamatan Bekasi Barat maupun Kelurahan, tentunya apapun itu akan kita lakukan peningkatan yang tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan,” terangnya.

Di sisi lain Ridwan mengungkapkan, jika diperlukan dirinya siap untuk melakukan koordinasi dan komunikasi kepada Camat sebelumnya terkait persoalan pelayanan yang ada. Pasalnya Ridwan mengaku bahwa Gutus bukan hanya sekedar rekan kerja baginya, melainkan sudah dianggap seperti saudaranya sendiri, “Sampai hari inipun saya gak pernah terputus (red – Komunikasi), dan Pak Gutus bersedia membantu saya apabila ada hal yang memang perlu untuk dikomunikasikan,” tandasnya.

Sementara dalam menyampaikan sambutannya, Gutus sempat berpesan kepada Camat Bekasi Barat yang baru untuk tidak berpikir secara textbook.

Sebab menurut penilaian Gutus, selain berbatasan secara langsung, karakteristik masyarakat di wilayah Kecamatan Bekasi Barat mempunyai kemiripan dengan masyarakat di Jakarta, “Orientasi masyarakatnya, lebih kepada orientasi masyarakat perkotaan,” ungkapnya.

Kesibukannya, sambung Gutus, “Cukup tinggi sehingga di hari-hari kerja (Senin-Jumat) banyak warganya yang beraktifitas di Jakarta, untuk itu pada saat datang (red – Bertugas) di sini saya membuat inovasi-inovasi,” imbuhnya.

Proses penandatanganan Berita Acara (BA) Sertijab Camat Bekasi Barat, dan sesi pemberian penghargaan serta ucapan terima kasih juga menjadi rangkaian di dalam kegiatan tersebut.

Sekedar untuk diketahui, sejak menjabat kurang lebih 2 tahun 1 bulan sebagai Camat Bekasi Barat, Gutus pernah menggagas dan menjalankan program pelayan yang cukup terkenal sampai diminati oleh kalangan masyarakat banyak di wilayah Kecamatan Bekasi Barat. Bahkan Gutus sempat diganjar penghargaan sebagai Camat Terinovatif peringkat ke-3 (Tiga), versi Pemerintah Kota Bekasi pada Bekasi Innovation Week 2023 lalu.

Program pelayanan yang memiliki segudang manfaat tersebut di antaranya seperti, ‘Jumat Berkah Bang Pitung’ (Sambangi Warga Kurang Beruntung) yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat di beberapa lokasi Kelurahan secara bergantian.

Melalui program ‘Jumat Berkah Bang Pitung’ ini, Gutus dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Dari sana juga, tanpa menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), dirinya dapat mengetahui sekaligus membantu masyarakatnya yang kurang beruntung hingga memiliki kondisi berkebutuhan khusus (Heward/Disabilitas).

Tak hanya di wilayah Kecamatan Bekasi Barat, sebetulnya Gutus mengadopsi program ‘Jumat Berkah Bang Pitung’ itu sejak dirinya menjabat sebagai Camat di wilayah Kecamatan Mustikajaya. Memiliki perbedaan nama, dengan makna yang sama, kala itu programnya bernama ‘Jumat Berkah Nyaba Warga’.

Selanjutnya ada juga program ‘Manjakan Pelayanan’ (Taman Jajan Makanan dan Pelayanan) yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, Pukul 08.00 Wib sampai dengan Pukul 12.00 Wib di area Kantor Kecamatan Bekasi Barat.

‘Manjakan Pelayanan’ sendiri merupakan sistem pelayanan ekstra, yang dicetuskan oleh Gutus pada awal masa tugasnya menjadi Camat Bekasi Barat. (Andrew)

A. Awaludin
Author: A. Awaludin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini