PEKON BANYU URIP GELAR WAYANG KULIT SUROAN DAN PEMOTONGAN NASI TUMPENG

0
31

Pringsewu,SK.

Pekon ( Desa) Banyu Urip Kecamatam Banyumas senin pagi, (7/8/2023 ) bertempat di Gedung Serba Guna ( GSG) setempat menggelar kegiatan Bersih Desa ( Suroan) ditandai dengan, Pemotongan, ” Nasi Tumpeng “

Rangakaian kegiatan pada kegiatan Bersih desa dan Suroan ( Bulan Muharram) pada hari itu diantaranya  Do’a bersama Umat Muslim yang di koordinator oleh  Bapak Hi. Yufrizal serta Do’a bersama Umat Non Muslim  selaku koordinator  Bapak Fransiskus Dwi Boko Suwarno serta dilanjutkan dengan Do’a bersama  kendurenan ( Pemotongan Nas Tumpeng). 

Pararel kegiatan suroan di Pekon ( Desa) Banyu Urip ini juga dilanjutkan dengan Pemberian Santunan kepada Anak Yatim – Piatu dengan koordinator Hj. Mukhodimah, Seni Budaya Kuda Kepang dari kelompok Bekso Turonggo Sidomuncul yang di koordinator oleh saudara Joko Purnomo, Tulus, Lasijo dan Heriyanto.

Penampilan Seni Bela diri Pencak Silat ” Seni Tunggal ” pun turut memeriahkan bersih Pekon ( desa) Banyu Urip ini dari Mahasiswa KKN STAI, Tari Santri dari Paud Arlita Az Zuhroh pimpinan Ibu Septi Indriani, Tari Santri dari TPQ Fafirullah pimpinan ibu Kurniasih. 

Adapun puncak kegiatan Suroan ini pada malam harinya pergelaran Wayang Kulit dengan lakon ” Semar Membangun Kayangan ” dengan Ki. Dalang Agus Suwito dari Lampung Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana Sarifudin mengatakan kegiatan bersih desa ini dapat berjalan dengan aman, dan mengucapkan  terimakasih kepada seluruh masyarakat Pekon Banyu Urip yang telah membantu terlaksana kegiatan ini pungkasnya dalam melaksanakan bersih desa berjalan dengan lancar dan aman. 

Sementara Ketua Bumdes Pekon Banyu Urip Fransiskus Dwi Boko Purnomo menyampaikan bahwa Bumdes Pekon Banyu Urip berjalan terus dan telah memberikan dana sebesar Rp. 35 juta untuk membantu membayar pajak, kegiatan selanjutnya dipercaya oleh Pemerintah Pekon untuk menyediakan bibit ikan untuk membantu pembibitan pada 20 kolam binaan sedangkan untuk pinjaman bekerjasama dengan koperasi kridit ( Kopdit) Mekar Sai di Bandarlampung tandasnya.

Dikesempatan yang sama pula kepala Pekon Banyu Urip Edi Sunaryo menyampaikan dalam rangka bersih desa ini, mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan tersebut dapat  terlaksana serta berjalan dengan lancar ujarnya. 

Hal senada juga seperti yang disampaikan  oleh Camat Banyumas H. M. Hartoyo Spd. MM mengatakan kegiatan bersih desa ini juga untuk memeriahkan HUT RI yang ke – 78 tahun, dari Pemerintahan Kecamatan Banyumas memberikan Apresiasi yang sebesar – besarnya makna yang dapat diambil dari pergelaran Wayang Kulit ini selain merupakan hiburan ( tontonan) hendaklah menjadikannya sebagai tuntunan pungkasnya. ( ANTO)

 

Redaksi
Author: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini